Minggu, 05 Agustus 2018

Cara Memeras Santan Bagi Pemula

Image result for memeras santan yang benar

Membuat santan yang kental, tengah sampai encer mungkin saja pekerjaan yang super memusingkan untuk kita yang baru belajar memasak. Belum juga langkah memeras santan sampai langkah menyimpannya yang butuh perhatian spesial. 

Bahan-bahan 

1 porsi 
1/2 buah kelapa parut 
750 ml air panas 

Langkah 

Santan kental : Tempatkan kelapa parut dalam wadah. Tuangkan 250 ml air panas ke dalamnya, biarlah sesaat sampai turun suhunya. 
Remas-remas kelapa parut sampai keluar sari kelapanya 
Awalilah memeras kelapa parut di atas saringan, tempatkan ampas kelapa di wadah lainnya. Kerjakan sampai semua kelapa parut diperas. 


Sediakan mangkok untuk menyimpan santan bersama saringan santan diatasnya. 
Tuangkan kembali 250 ml air panas dalam mangkok berisi ampas kelapa yang sudah diperas barusan. Diamkan sampai hangat, remas-remas lantas peras kembali di atas saringan. (Jalannya persis sama juga dengan no 1-4) 
Santan encer : ampas kelapa yang telah diperas sekitar 2x barusan dikasih air panas. Diamkan sampai hangat, remas-remas lantas peras di atas saringan. (mangkok penampung santannya dipisah ya dengan mangkok santan kental). 
Bila santan kental dituang dalam wadah yang bening serta didiamkan sesaat, maka dapat tampak santan memisah jadi 2 susunan. Substrat yang kental mengapung di atas, sesaat sisi bawah tampak encer. Santan kental ini yang gampang pecah waktu di masa 
Sesaat santan encer bila dituang diwadah transparan terlihat selintas homogen, tetapi bila dilihat selanjutnya terlihat susunan kental yang tipis dipermukaan santan. Santan encer lebih kompak serta tidak gampang pecah waktu dibuat. 
Karena itu, santan encer dituang terlebih dulu waktu memasak. Sesudah sayuran/daging mulai masak, baru dituang santan kental, masak sesaat sampai mendidih sekalian diaduk lantas angkat. Karena itu sayur memiliki bahan santan tidak tampak pecah.

Sumber : https://www.dictio.id/t/cara-membuat-santan-yang-benar/88970/2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar